Thursday, June 6, 2019

Tips Penanganan Rambut Rontok

Rambut rontok adalah hal yang sering terjadi terhadap orang-orang dewasa khususnya untuk kalangan wanita dan lansia. Terlebih lagi pada saat rambut sedang basah dan setelah menyisir rambut akan jauh rontok lebih banyak, dan penggunaan hair dryer tidak disarankan untuk penggunaan pada orang yang rambutnya rontok.

Karena rambut rontok yang terlalu banyak dan sering, bisa menyebab kan kebotakan pada kepala. Hal ini menyebabkan kebanyakan orang merasa tidak percaya diri bahkan prustasi sehingga membayar produk dengan harga yang mahal pun rela dilakukan.

Khususnya bagi kaum wanita tentunya rambut adalah salah satu aset pendukung kecantikan yang harus dijaga dan dirawat keindahannya. Nahhh… Berikut adalah Tips yang bisa membantu anda untuk merawat dan mengatasi permasalahan rambut rontok anda.

1. Minyak kelapa
Minyak kelapa memiliki banyak sekali manfaat dan kegunaan untuk kesehatan, kecantikan, hingga keperluan lainnya. Mulai dari memasak, melembabkan kulit, hingga menghapus makeup,  Selain itu, minyak kelapa juga sering digunakan untuk membantu meningkatkan kesehatan rambut. Dan minyak kelapa juga sangat mudah ditemukan di toko-toko kecantikan. 

Cara menggunakan minyak kelapa pada rambut Anda :

  • Sebagai kondisioner. Sampo rambut Anda seperti biasa lalu sisir minyak kelapa melalui rambut Anda, dari bagian tengah hingga ujung rambut.
  • Sebagai detangler. Setelah keramas dan mengatur rambut Anda, oleskan sedikit minyak kelapa ke rambut Anda untuk melindunginya saat Anda menyisirnya.
  • Sebagai masker rambut. Gosokkan minyak kelapa ke rambut Anda dan biarkan selama beberapa jam (atau bahkan semalaman).
  • Sebagai pelindung rambut sebelum keramas. Gosokkan minyak kelapa ke rambut Anda sebelum keramas.
  • Sebagai perawatan kulit kepala. Sebelum tidur, pijat sedikit minyak kelapa ke kulit kepala Anda. Biarkan semalam dan bersihkan dengan sampo di pagi hari.
2. Lidah buaya
Lidah Buaya mempunyai segudang manfaat untuk rambut. Lidah buaya kaya akan asam amino dan protein kandungan ini sangat cocok dan bagus sekali untuk kesehatan rambut rontok. Karena rambut terdiri dari protein bernama keratin, maka rambut membutuhkan lebih banyak protein untuk merangsang pertumbuhan rambut. Lidah buaya merangsang pertumbuhan rambut melalui berbagai cara.

  • Tambahkan 5-10 tetes perasan lemon ke dalam 3 sdm jel aloe vera, lalu pijatkan larutan tersebut ke kulit kepala sekitar 1 jam sebelum keramas. Alternatif lain adalah dengan memijatkan gel aloe vera ke kulit kepala, diamkan selama 10 menit sebelum keramas.
  • Anda juga dapat mencampurkan gel aloe vera dengan santan dan wheat germ oil kalau ingin menggunakannya sebagai produk pre-sampo. 
  • gunakan timun dan lidah buaya yang dihancurkan dalam blender, kocok, lalu aplikasikan ke rambut sebagai masker. Setelah itu, cuci rambut seperti biasa sampai kering.
3. Urang aring
Ambil sedikit daun urang-aring kemudian rendam dalam air. Kamu bisa remas atau haluskan untuk mendapatkan minyaknya.
Gunakan 1-2 kali sehari setelah keramas sebagai minyak rambut.

4. Minyak kemiri

Untuk mendapatkan minyaknya, kamu hanya perlu membakar kemiri. Setelah itu, haluskan hingga mengeluarkan minyaknya. Minyak itulah yang bisa kamu gunakan sebagai minyak rambut untuk penanganan rambut rontok mu.

5.Teh hijau 

Teh hijau adalah sumber antioksidan yang kaya dan membantu dalam meningkatkan pertumbuhan rambut.Ketika teh hijau diterapkan pada kulit kepala, itu membantu dalam meningkatkan sirkulasi darah, sehingga membantu pertumbuhan rambut.
Seduh teh hijau dengan air hangat dan gunakan untuk membasahi kepala. Diamkan kurang lebih satu jam dan bilas dengan keramas. 

6. Masker telur

Cara yang satu ini tentu sangat mudah, namun khasiatnya sangat baik buat rambut yang sering rontok. Kandungan protein pada telur dapat mempengaruhi pertumbuhan rambut.
Cukup dengan 1 telur dan 1 sdm minyak zaitun diaduk rata didalam mangkuk, oleslah setelah anda keramas, diamkan meresap 20 menit, kemudian bilas dengan bersih hanya menggunakan condisioner.
Sekian 6 cara yang sangat mudah yang dapat anda lakukan sendiri dirumah.
Semoga rambut rontok anda dapat berkurang dengan cara mudah diatas. Selamat mencoba :))

No comments:

Post a Comment

Cara Ampuh Menjaga Rambut Rontok Dan Berketombe

Cara Ampuh Menjaga Rambut Rontok Dan Berketombe Rambut adalah mahkota yang dimiliki oleh semua wanita, dimana aset dari keindahan rambut s...